PARTAI CATUR YANG MENARIK
PAPAN CATUR TAS CATUR

Tuesday, August 23, 2011

Chelsie Monica Juara Putri Piala Gubernur Chelyabinsk

Pecatur Pelatnas SEA Games 2011 MIW Chelsie Monica Sihite akhirnya keluar sebagai juara kelompok putri Turnamen Catur Piala Gubernur Chelyabinsk yang berakhir Senin (22/8) di Satka City, Chelyabinks, Rusia.

Chelsie bermain remis lawan pecatur Rusia Evgeny Ermolaev sehingga menambah setengah angka menjadi 5,5 angka. Saingan terdekatnya Maria Nevioselaya dari Belarusia juga bermain remis lawan pecatur putri Pelatnas SEA Games lainnya, MFW Medina Warda Aulia. Hasil tersebut membuat Nevioselaya sama membukukan 5,5 angka tetapi kalah dalam nilai tie-break yang menggunakan sistem Solkoff. Chelsie membukukan Solkoff 43, sedangkan Nevioselaya 39,5.

Medina yang tidak berhasil menciptakan kemenangan pada babak terakhir tersebut harus puas di peringkat ketiga dengan 5 angka. Jumlah angka yang diraih Medina juga sama dengan angka yang direbut pecatur putri Belarusia lainnya, Katsiaryna Beinenson, tapi Medina unggul Solkoff karena membukukan 46,5 angka sedangkan Katsiaryna 43,5 angka.

Pecatur junior Indonesia lainnya yang juga mencetak prestasi adalah Ivan Maximillian Pasaribu yang baru berusia 10 tahun dan turun di turnamen kelompok B. Ivan keluar sebagai juara di Kelompok Umur 12 tahun dengan membukukan 6,5 angka.

Secara beregu tim Indonesia 1 yang terdiri dari Chelsie Monica Sihite (5,5 poin), Medina Warda Aulia (5 poin), Sean Winshand Cuhendi (6 poin) dan Azarya Jodi Setyaki (4,5 poin) berada di peringkat keenam dengan total 21 angka. Juaranya direbut tim Chelyabinsk dengan 24 angka.

Untuk kelompok putra, Sean Winshand berada di peringkat tujuh dengan 6 angka. Poin yang direbut Sean sebetulnya sama dengan peringkat empat tetapi nilai tie-break menempatkannya di posisi ketujuh. Juara kelompok putra adalah Albert Baigildin dari Rusia dengan 7 angka.

Delapan Pecatur Junior Indonesia Ikut


Delapan pecatur junior Indonesia yang berusia di bawah 16 tahun dikirim oleh PB Percasi untuk mengikuti turnamen catur Piala Gubernur Chelyabinsk Mikhail Yurevich di kota Satka, Chelyabinsk, Rusia, 16-22 Agustus 2011.

Mereka adalah dua atlet Pelatnas SEA Games 2011 MIW Chelsie Monica Sihite, 16, dan MFW Medina Warda Aulia, 15; ditambah enam juara junior Indonesia yang sebelumnya gagal berangkat ke World Chess School di Polandia, yaitu Sean Winshand Cuhendi (14 tahun), Azarya Jodi Setyaki (13 tahun), Vania Vindy Chandra (11 tahun), Nyimas Sonya Nafa (12 tahun), Dita Karenza (11 tahun) dan Ivan Maximillian Pasaribu (10 tahun).
Selain keenam atlet junior tersebut, juga ikut mendampingi dua atlet catur Pelatnas SEA Games MFW Dewi AA Citra dan GM Susanto Megaranto yang tengah berlatih bersama pelatih asing GM Ruslan Scherbakov yang berasal dari Chelyabinsk. Susanto akan mengikuti Piala Dunia Catur yang akan berlangsung di Khanty-Mansyisk, Rusia, mulai 26 Agustus 2011. Susanto dapat mengikuti Piala Dunia Catur ini berkat menjuarai babak kualifikasi Piala Dunia Catur Zona 3.3 Asia yang berlangsung di Tagaytay, Filipina, pada Mei 2011.

Empat pengurus PB Percasi ikut mendampingi sebagai manajer maupun pelatih, yaitu Monang Sirumapea, Rikardo, Hendry Jamals dan Kristianus Liem.

Festival Catur Rusia

Turnamen catur Piala Gubernur Chelyabinsk yang diselenggarakan untuk kedua kalinya ini diikuti 190 peserta yang datang dari lima negara. Selain tuan rumah Rusia, juga hadir tiga negara pecahan Uni Soviet, yaitu Kazakhstan, Kyrgystan dan Belarusia. Sementara satu-satunya negara peserta yang tidak berbahasa Rusia adalah Indonesia.

Turnamen dibagi dua kelompok, Kelompok A yang diikuti 44 peserta putra putri dan Kelompok B yang diikuti 146 peserta putra putri. Turnamen Kelompok A merupakan turnamen rating. Turnamen Kelompok B lebih banyak diikuti para pecatur yang berusia di bawah 12 tahun.

Kedua turnamen perorangan tersebut, nantinya juga menyediakan hadiah untuk beregu yang dihitung berdasarkan jumlah poin empat pecaturnya yang harus terdiri dari tiga putra dan minimal satu putri. Selain hadiah umum, juga ada hadiah untuk putri serta untuk pecatur yang berusia di bawah 10 tahun.

Top 10 Popular Posts