PARTAI CATUR YANG MENARIK
PAPAN CATUR TAS CATUR

Tuesday, May 31, 2011

Susanto Megaranto Juara, Rebut Tiket Piala Dunia

Kualifikasi Piala Dunia Catur Zonal 3.3 Asia 2011

Susanto Megaranto Juara, Rebut Tiket Piala Dunia


Sejarah itu kembali tercipta! Grandmaster Susanto Megaranto menjadi orang Indonesia kedua setelah GM Utut Adianto yang mampu merebut kejuaraan catur tingkat zonal Asia. Utut merebutnya enam tahun lalu di Kuala Lumpur, Malaysia, tahun 2005.

Susanto menciptakan sejarah itu setelah memenangkan babak terakhir Kejuaraan Catur Babak Kualifikasi Piala Dunia Zonal 3.3 Asia yang berlangsung di Tagaytay City, Filipina, Senin (30/5), dengan menundukkan pecatur tuan rumah GM Antonio Rogelio Jr.

Kemenangan tersebut membuat Susanto merebut 7 poin dan tak terkejar saingan beratnya pecatur tuan rumah lainnya, GM Mark Paragua yang juga membukukan kemenangan atas MI Kevin Goh Wei Ming dari Singapura. Mark hanya mampu mengumpulkan 6,5 poin.

Keberhasilan tersebut selain membuat Susanto merebut Piala Zonal 3.3 Asia dan hadiah uang US$1,000 (plus minimal US$6,000 kelak di babak pertama Piala Dunia) juga merebut tiket menuju Piala Dunia Catur yang tahun ini berlangsung di Khanty-Mansiysk, Rusia, bulan Agustus 2011 mendatang.

Kejuaraan ditutup malam harinya oleh Walikota Tagaytay Abraham “Bambol” Tolentino yang didampingi Sekjen Federasi Catur Asia Casto “Toti” Abundo dan perwakilan FIDE Dang Tat Thang dari Vietnam.

Top 10 Popular Posts