PARTAI CATUR YANG MENARIK
PAPAN CATUR TAS CATUR

Thursday, February 4, 2010

Chelsie Monica Sihite


TAHUN ini benar-benar menjadi milik pecatur junior Balikpapan Master Nasional (MN) Chelsie Monica Ignesias Sihite. Usai meraih emas pada PON XVII Kaltim, 5-17 Juli 2008, Monica kembali mengukir prestasi mengharumkan nama Indonesia di tingkat dunia. Ia menyabet juara World School Chess Championship (WSCC) 2008 di Singapura.

Prestasi spektakuler Monica diraih bersama Medina Warda (U-11) asal Jakarta. Prestasi ini membuka kenangan tiga tahun silam saat Monica menjadi juara Women Asian Schools Chess Festival 2005 yang juga digelar di Singapura.

Saat dihubungi Tribun melalui ponselnya, Rabu (30/7), Monica yang saat ini masih berada di Singapura berbagi kegembiraan. Prestasi Monica memang mengilap. Pada PON lalu ia meraih emas pada nomor catur cepat beregu putri bersama Nadia Anggraini dan Dewi Citra. Kali ini ia menjuarai WSCC 2008 untuk kelompok umur 13 tahun.

Untuk meraih prestasi tersebut, Monica harus bekerja keras sejak Februari lalu, mengikuti pemusatan latihan tim catur Kaltim di Tarakan. Selama lima bulan, ia harus berpisah dengan orang tuanya yang tinggal di Balikpapan.

Monica hanya bertemu ibunya saat PON berlangsung. Saat itu, sang ibu datang untuk memberi semangat kepada Monica yang bertanding di Tarakan. Karena itu siswa kelas I SMPN II Balikpapan ini kangen kepada ibunya. "Iya dong, saya kangen mama," katanya.

Namun, rasa kangen Monica kepada ibunya harus tertunda. Sebab, rombongan baru akan kembali ke Balikpapan lima hari lagi. "Masih lama, mungkin lima hari lagi baru ke Balikpapan. Soalnya besok (hari ini) baru ke Kuala Lumpur. Habis itu ke Tawau dulu, nginap sehari di Tawau, setelah itu ke Tarakan. Yah masih lama deh ke Balikpapannya," ujarnya. (eza)

Biodata
Nama : Chelsie Monica Ignesias Sihite
TTL: Balikpapan, 2 November 1995
Ayah : Alm Abi Dosner Sihite
Ibu : Rumomdang Sinaga
Sekolah: Kelas I SMPN II Balikpapan
Cita-cita: Ingin menjadi pecatur dunia

Prestasi Internasional
* Juara 2 6th ASEAN Age Group Chess Championship 2005 di Pattaya Thailand
* Juara 1 wanita Asian Schools Chess Festival 2005 di Singapura
* Juara 2 7th ASEAN Age Group Chess Championship 2006 di Jakarta
* Juara 2 wanita Asian Schools Chess Festival 2006 di Singapura
* Juara 1 4th World School Chess Championship 2008 di Singapura.

Top 10 Popular Posts