PARTAI CATUR YANG MENARIK
PAPAN CATUR TAS CATUR

Wednesday, January 27, 2010

Membuat Emosi Menjadi Lebih Tenang, Konsentrasi Meningkat, Otak Lebih Terasah

Banyak orang yang belum mengetahui manfaat catur dalam peningkatan prestasi seseorang. Catur diyakini bisa membuat emosi anak menjadi lebih tenang, karena permainan catur mengajarkan pentingnya kesabaran. Catur juga bisa membuat otak anak terasah hingga ia bisa terpacu untuk belajar lebih keras. Tak heran jika banyak pecatur terkenal di dunia juga berprofesi sebagai ilmuwan.

Banyak para orangtua yang kurang menyadari kalau kegemaran anaknya bermain catur ini secara tidak langsung bisa meningkatkan kemampuan konsentrasinya. Jika dicermati, kemampuan konsentrasi anak-anak bisa meningkat pesat. Misalnya saat belajar, kalau biasanya sebentar-sebentar perhatiannya teralihkan, dampak bermain catur yang membutuhkan konsentrasi penuh, kini sudah tidak lagi.

Banyak orang ingin anaknya cerdas. Namun, tentu saja banyak cara menuju ke arah itu dan perlu banyak pengorbanan memperolehnya. Salah satu cara meningkatkan kecerdasan anak adalah dengan mengajarkan anak bermain catur. Sebab, dengan main catur, anak terbiasa duduk diam dalam waktu cukup lama dengan penuh konsentrasi. Daya konsentrasi itu akan berpengaruh dalam proses belajarnya.

Saat bermain catur, seorang anak jadi terbiasa berkonsentrasi memikirkan rencana selanjutnya. Akibatnya, ketika tidak sedang bermain pun, ia jadi terbiasa berkonsentrasi pada apa yang sedang dikerjakannya. Selain itu, catur juga mengajarkan apa pentingnya konsentrasi. Artinya, jika sekali saja anak Anda kurang konsentrasi sehingga melakukan langkah yang kurang tepat, permainan bisa langsung selesai karena ia kalah. Hanya anak yang fokus, sabar, dan gigihlah yang bisa mempertahankan permainan yang baik.

Tapi, permainan catur tidak hanya berdampak baik pada anak-anak yang berbakat. Bahkan, anak yang kecerdasannya sedang atau di bawah rata-rata pun bisa memetik manfaat dari permainan catur. Walau mereka mungkin kurang menangkap semua strategi atau penyusunan taktik dalam sebuah permainan catur, kemampuan mereka dalam mempelajari bahasa, membaca, dan berhitung, juga meningkat. Yang jelas, catur juga terbukti bisa meningkatkan IQ pada anak laki-laki dan anak perempuan.

Sumber : http://www.infokomunitas.com/index.php?option=com_content&task=view&id=275&Itemid=82

Top 10 Popular Posts